Selasa, 06 Mei 2014

Jasmine Dress With Gold Chain

Jl. Taman Sari
Balubur Town Square
2nd Floor J-03
Bandung - Indonesia


Fabric: Chiffon.
Available in Size: All Size.



Kain chiffon (sifon) bisa dibuat dengan menggunakan katun, sutra, nilon, rayon, ataupun polyester. Kata ‘chiffon’ sebenarnya adalah kata untuk mendeskripsikan cara atau metode yang digunakan untuk membuat jenis kain ini. Sifon atau bahasa Inggrisnya chiffon adalah kain yang tipis, transparan, dan ringan, yang ditenun dengan pola pattern yang seragam.



Jika dilihat dengan kaca pembesar, kain sifon terlihat seperti net atau jaring jaring halus sehingga membuat kain tersebut tembus pandang. Kain sifon juga dikenali dengan cara tenunannya, twist maupun jenis benang yang digunakan. Kain sifon sudah ada sejak tahun 1902 dan masih menjadi salah satu jenis kain yang paling digemari sampai saat ini – khususnya untuk gaun malam dan gaun pernikahan.
Kain sifon ditenun dengan pola ‘balanced plain weave’ yaitu dimana benang lungsin dan pakan nya memiliki pattern yang sama dan dengan desain pola criss-cross. Model tenunan ini bukan saja merupakan yang paling sederhana atau simple bahkan juga adalah model yang paling tua. Untuk membuat kain sifon, benang tipe S-twist dan Z-twist digunakan dengan fiber yang halus.
Sifon merupakan kain yang tipis namun kain tersebut juga bisa memiliki teksture yang kasar. Karena ketipisannya kain sifon terasa dingin jika dipakai karena jenis kain ini kurang bisa menahan panas pada sekitar tubuh. Kain ini bisa diwarnain dengan warna apa saja namun kain sifon yang dibuat dari fiber polyester lebih sulit untuk diwarnain. 
Kain sifon juga merupakan kain yang serbaguna dan sering digunakan untuk pakaian formal, blouse, gaun malam, rok, syal, dress, lingerie dan piyama. Kain ini sering digunakan sebagai lapisan luar pada pakaian formal untuk menutupi kain dalam yang bahannya lebih padat sehingga efek ‘floating’ (ngambang) bisa nampak pada pakaian tersebut.

Kain sifon yang terbuat dari serat sintesis merupakan kain sifon yang paling umum karena murah. Belakangan ini sifon pada kain stretch-knit yang dibuat dari fiber poliester juga sering ditemukan. Stretch-knit adalah kain yang dibuat agar bisa ditarik atau diregang. Sifon yang terbuat dari poliester juga merupakan sifon yang tahan lama dan dapat dicuci pada mesin cuci. Mencuci kain sifon pada mesin cuci tidaklah disarankan karena teksturnya yang tipis sehingga dapat merusak kain tersebut.


Kain sifon bisa terbuat dari bahan apa saja seperti katun, rayon, poliester dan lain lain, namun kain sifon yang terbuat dari sutra dianggap sebagai bahan yang paling berkualitas. Selain dikenal paling halus, kain jenis sifon-sutra ini juga memiliki tekstur yang paling lembut dan mengkilau sehingga tidak heran kalau harga kain sifon-sutra amatlah mahal. Namun anda bisa merasakan perbedaannya yang jauh jika dibandingkan dengan sifon dari fiber sintesis atau serat lainnya.

Sumber : http://soscilla.blogspot.com/2010/07/apa-itu-sifon-ciri-ciri-dan.html
Posted by: Stephanie Fashion Wear
Stephanie Fashion Wear Updated at: 22.21
STEPHANIE Wedding Bride Updated at: 22.21
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner